INTERNAL AUDIT DAN EKSTERNAL AUDIT

  1. Due Diligence (Uji Tuntas)
  2. Penilaian Kinerja Perusahaan,
  3. Audit Laporan Keuangan Eksternal dan Audit Internal

 

Mengapa Anda Harus Menggunakan Jasa Audit Laporan Keuangan?

Setiap perusahaan harus menggunakan jasa audit laporan keuangan untuk menghindari sejumlah risiko yang bisa menyeret ke kasus-kasus hukum. Sistem audit dalam perusahaan sudah menjadi kebutuhan wajib demi memperoleh hasil-hasil objektif yang kelak akan berpengaruh positif bagi masa depan bisnisnya serta mengantisipasi berbagai praktik penyelewengan yang berpotensi merugikan perusahaan itu sendiri. Lebih penting lagi, ada banyak manfaat dari penggunaan jasa audit laporan keuangan berdasarkan tipenya:

Otorisasi Laporan Keuangan

Laporan keuangan sebuah perusahaan harus mendapatkan jaminan dari pihak berwenang, dalam hal ini ialah jasa akuntan publik yang telah melakukan pemeriksaan secara akurat dan tepat atas dokumentasi keuangan meliputi catatan transaksi. Proses pemeriksaan dan pengecekan tersebut dijalankan atas dasar prinsip-prinsip akuntasi dengan standar yang sudah ditetapkan di Indonesia. Mekanisme pencatatan dan pengawasan dari otoritas ini diterapkan secara sistematik, untuk mencari kesesuaian supaya bisa disampaikan secara mudah kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Proses ini dilakukan oleh audit keuangan  yang nantinya akan disampaikan wujud laporan transaksi, dokumentasi, serta catatan-catatan tambahan yang menunjangnya.

Hasil Pengawasan Prosedur dan Kinerja Perusahaan

Meskipun prosedur dan kinerja perusahaan merupakan persoalan internal, namun jika sudah berhubungan dengan pihak-pihak lain yang berkepentingan harus menjamin bahwa tidak ada praktik penyelewengan atau kecurangan yang melanggara etika dan aturan hukum. Tugas pengawasan prosedur dan kinerja perusahaan ini dijalankan oleh tim audit operasional kinerja yang bertanggungjawab di dalam penilaian apakah sebuah perusahaan sudah sangat layak dan dipercaya dalam mengelola modalnya secara efektif dan efisien, sehingga mampu memenuhi target dalam kerangka visi dan misi perusahaan tersebut. Di sinilah sebuah perusahaan dituntut supaya mampu mengelola sumber dayanya. Jika sebuah perusahaan ternyata dinilai kurang mampu dalam menjalankan prosedur dan kinerjanya, maka pihak yang bertanggungjawab wajib mengevaluasi kembali serta melakukan proses perbaikan demi mencapai kualitas yang diharapkan. Pengelolaan unit-unit modal yang berhasil secara ekonomis mengindikasikan nilai positif yang akan sangat bermanfaat bagi kelangsungkan kinerjanya.

Pengawasan Pengadaan Barang dan Jasa

Dalam sebuah perusahaan, selalu dimungkinkan adanya penimbunan barang baik yang disadari mau pun tidak akibat dari mekanisme bisnis yang sedang dijalankan. Dalam kurun waktu setahun, selalu ada risiko semacam itu yang jika dibiarkan terus menerus akan menimbulkan praktik kesalahan penghitungan dan evaluasi. Jika sampai diketahui oleh pihak di luar perusahaan itu yang memegang tanggung jawab legalitas, maka konsekuensi yang ditanggung jauh lebih berat. Oleh sebab itu, setiap pengadaan barang atau jasa dalam sebuah perusahaan harus mendapatkan pengawasan khusus, mulai dari proses pengajuan hingga penyerahan barang atau jasa yang diinginkan. Proses pengawasan yang akurat dan efisien akan menciptakan kepercayaan publik dan menghindarkan perusahaan tersebut dari kecurigaan atas praktik manipulasi.

Evaluasi Sistem Informasi

Semakin canggihnya peralatan teknologi informasi dan komunikasi dalam sebuah perusahaan menuntut praktik yang lebih terkoordinasi dan bertanggungjawab. Tujuannya ialah mencari tahu dan memahami sejauh mana sumber daya manusia yang bertanggungjawab atas sistem informasi dalam perusahaan tersebut punya kapasitas yang diharapkan. Proses evaluasinya dimulai dari proses pemasukan data, pengolahannya, perlindungan, hingga penyediaan cadangan. Jika masih ada kekurangan dalam sistem informasi tersebut, jasa audit bisa memberikan masukan atau rekomendasi yang terkait.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa perusahaan Anda harus menggunakan jasa audit laporan keuangan. Selain itu, diwajibkan untuk mempercayakan layanan audit dan jasa perpajakan yang terpercaya demi menjamin hasil yang akurat dan bertanggungjawab.

 

Hubungi Kami Sekarang :

GOUF Consulting

Konsultan Pajak Bali – Nusa Tenggara – Lombok

Jalan Tukad Citarum no 48 – Denpasar

Telp. 081 287 247 22 atau 081 931 566 000