agenda dalam presidensi g20

Agenda dalam Presidensi G20 Indonesia, Tiga Fokus Agenda Hingga Finance Track

Tahun ini, Indonesia mendapat kesempatan menjadi tuan rumah dan resmi memegang Presidensi G20 untuk tahun 2022. Serah terima Presidensi dari Italia selaku Presidensi G20 2021 kepada Indonesia telah dilakukan pada 31 Oktober 2021 lalu. Sementara puncak kegiatan Presidensi G20 Indonesia adalah KTT Bali yang berlangsung pada 15-16 November 2022. Terdapat beberapa agenda dalam presidensi G20 Indonesia, namun sebelum itu, mari kita mengenal apa itu G20.

Mengenal Apa itu G20 ?

Secara resmi G20 dinamakan The Group of Twenty Finance Ministers and Central Bank Governors atau Kelompok Duapuluh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral. Menurut bi.go.id, G20 adalah forum kerja sama multilateral yang beranggotakan 19 negara utama yaitu Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasik, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, ditambah Uni Eropa (EU). G20 merepresentasikan lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB Dunia.

Di masa krisis yang terjadi akibat pandemi COVID-19. Indonesia sebagai Presidensi G20 mengangkat tema “Recover Together, Recover Stronger”. Tema ini diangkat dengan menimbang dunia yang masih dalam tekanan akibat pandemi dan memerlukan suatu upaya bersama dalam mencari solusi untuk pemulihan dunia.

3 Sektor Prioritas Presidensi G20 Indonesia

Demi mencapai tujuan tersebut, tema ini berfokus pada 3 sektor prioritas yaitu Penguatan Arsitektur Kesehatan Global, Transformasi Ekonomi Berbasis Digital, dan Transisi Energi.

Bersumber dari news.ddtc.co.id, menurut Febrio Kacaribu terkait arsitektur kesehatan global, sistem kesehatan di Indonesia sudah relatif baik namun perlu peningkatan khususnya terhadap produktivitas industri farmasi. Tenaga kesehatan dan rumah sakit masih perlu ditingkatkan dan ketersediaan vaksin yang harus tetap terjaga.

Kemudian terkait optimalisasi teknologi digital juga perlu dijalankan untuk mendorong transformasi ekonomi demi meningkatkan financial inclusion dan pemberdayaan UMKM.

Selanjutnya pemberlakuan transisi energi yang lebih ramah lingkungan, karena masih terdapat risiko dari perubahan iklim bagi negara-negara kepulauan seperti Indonesia.

6 Isu Prioritas dalam Finance Track

Selain itu, terdapat dua pilar pembahasan agenda prioritas, yakni pilar Sherpa Track dan Finance Track. Sherpa Track membahas terkait isu ekonomi dan pembangunan non keuangan dan Finance Track membahas terkait agenda ekonomi dan keuangan. Berfokus pada Agenda Finance Track, terdapat 6 isu yang diproritaskan pada Presidensi G20 Indonesia sebagai berikut :

  • Exit Strategy to Support Recovery

Membahas bagaimana G20 melindungi negara-negara yang masih dalam pemulihan ekonomi dari spillover exit policy yang diterapkan oleh negara yang lebih dahulu pulih ekonominya (umumnya negara maju).

  • Adressing Scaring Effect to Secure Future Growth

Mengatasi dampak scarring effect dengan meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan jangka panjang, memperhatikan ketenagakerjaan, rumah tangga, sektor korporasi, dan sektor keuangan.

  • Payment System in Digital Era

Standar pembayaran lintas batas negara (CBP), serta prinsip-prinsip pengembangan CBDC (General Principles for Developing CBDC).

  • Substainable Finance

Membahas risiko iklim dan risiko transisi menuju ekonomi rendah karbon dan sustainable finance dari sudut pandang makroekonomi dan stabilitas keuangan.

  • Financial Inclusion: Digital Financial Inclusion & SME Finance

Memanfaatkan open banking untuk mendorong produktivitas dan mendukung ekonomi dan keuangan inklusif bagi underserved community yaitu wanita, pemuda, dan UMKM, termasuk aspek lintas batas.

  • International Taxation

Membahas terkait dengan implementasi Framework bersama OECD/G20 mengenai strategi perencanaan pajak yang disebut Base Erotion and Profit Shifting (BEPS).

Baca juga Yuk : Tarif PPN Direncanakan Naik 1 April 2022, Apa Dampak Kenaikan PPN bagi Masyarakat

Posted in News.

Leave a Reply

Your email address will not be published.