Konsultan Pajak Bali

Jokowi: Pajak UKM Bakal Turun Jadi 0,5 Persen Akhir Bulan Ini

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menurunkan tarif Pajak Penghasilan (PPh) Final bagi konsultan pajak bali usaha kecil, dan menengah (UKM) yang beromzet di bawah Rp 4,8 miliar dari 1 persen menjadi 0,5 persen. Penurunan tersebut dijanjikan konsultan pajak bali terlaksana pada akhir Maret ini.

“Insyaallah nanti konsultan pajak bali akhir bulan ini pajaknya akan kita turunkan dari 1 persen menjadi 0,5 persen,” ungkapnya sebelum membuka Sidang Dewan Pleno II dan Rapimnas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Tahun 2018 di Ballroom Hotel Novotel, Tangerang, Banten, Rabu (7/3/2018). konsultan pajak bali

Presiden Jokowi menceritakan dirinya terlibat konsultan pajak bali tawar-menawar seru dengan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati saat membahas pajak UKM ini. Jokowi ingin pajak serendah-rendahnya, sementara Sri Mulyani ngotot untuk menjaga konsultan pajak bali pemasukan negara.

“Saya kemarin sebetulnya nawarnya 0,25 persen tapi konsultan pajak bali menteri keuangan ngotot ‘Tidak bisa Pak, ini kalau turunnya sampai sejauh itu (0,25 persen) akan mempengaruhi penerimaan, pendapatan pemerintahan’. Oleh sebab itu konsultan pajak bali ditawar 0,5 persen, ditawar setengah, ya sudah saya ikut,” papar Jokowi.

Dia menjelaskan, pengambilan keputusan tersebut sudah melalui konsultan pajak bali pertimbangan cukup matang. Pemerintah pun sudah melakukan pertemuan khusus untuk konsultan pajak bali membahas soal penurunan tarif pajak UKM sebanyak tiga kali.

“Ini sudah kami rapatkan tiga kali,” ujar Jokowi.

Sebelumnya konsultan pajak bali, Sri Mulyani mengkaji penurunan tarif PPh Final bagi UKM yang beromzet di bawah Rp 4,8 miliar dari 1 persen menjadi 0,5 persen.

Hal ini merespons instruksi konsultan pajak bali Presiden Jokowi usai pertemuan dengan pelaku UKM, beberapa waktu lalu.

“Posisi kami sedang mengkaji penurunan tarif PPh UKM karena kami tugasnya menerima instruksi konsultan pajak bali Presiden dan melakukannya dengan berbagai macam persiapan, apakah dari sisi peraturan pelaksanaan,” ujar konsultan pajak bali Sri Mulyani di Hotel Aston Sentul Bogor pada 27 November 2016.

Sumber:

Reporter: Supriatin

Liputan6.com

Ekonomi Bisnis

Konsultan Pajak Bali

Gouf Consulting

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published.